Drag

Selamat datang di website DSP3AKB KABUPATEN KETAPANG

Senin - Jumat 08.00 - 16.00

Call Us Now

(0534) 32160

Email Address

dinsos@ketapangkab.go.id

Address

Jl. HOS Cokroaminoto No.1, Sampit, Kec. Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat 78811
Image
  • 195
  • 04 April 2023

Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas Pada Desa Lokus Stunting Tahun 2023 Kabupaten Ketapang

Jumat , 17 Maret 2023

Bertempat di Kantor Camat Benua Kayong Kabupaten Ketapang, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Ketapang melaksanakan Kegiatan Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas pada lokus Stunting Tahun 2023 Kabupaten Ketapang. Kegiatan ini dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs. Maryadi Asmui, MM mewakili Bupati Ketapang, selain itu juga dihadir oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Para Kepala OPD/Mewakili, Kapolres Ketapang, Dandim ketapang, Para Camat Lokus Stunting Tahun 2023, TP PKK Kabupaten Ketapang, Bhayangkari Ketapang, Persit Ketapang, IpeKB Ketapang, serta tokoh  agama dan tokoh adat di wilayah Kecamatan Benua Kayong.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Ketapang melaporkan Kampung Keluarga Berkualitas merupakan satuan wilayah setingkat desa dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kuallitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat. Adapun kampung keluarga berkualitas yang dicanangkan  adalah

  1. Kecamatan benua kayong : desa mulia kerta, negeri baru, padang, dan baru
  2. Kecamatan matan hilir selatan : desa harapan baru dan sungai nanjung
  3. Kecamatan kendawangan : desa danau buntar, kendawangan kanan, sungai jelayan, suka damai, pangkalan batu
  4. Kecamatan nanga tayap : desa pangkalan telok, kayong hulu, sebadak raya, lembah hijau I, tajok kayong, betenung.
  5. Kecamatan hulu sungai : desa benua krio, krio hulu, dan cinta manis.
  6. Kecamatan sungai laur : desa riam bunut dan teluk mutiara
  7. Kecamatan simpang hulu : desa kualan hulu
  8. Kecamatan manis mata : desa manis mata

Ditambahkan oleh Ir. Aulia Arfiansyah Arief, M.Si., Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Kegiatan pencanangan   ini dilandasi oleh instruksi presiden republik indonesia nomor 3 tahun 2022 tentang pembentukan kampung keluarga berkualitas dan optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas, dimana presiden republik indonesia meminta bahwa seluruh provinsi di indonesia melakukan pembentukan kampung keluarga berkualitas dan memberikan amanah kepada 13 Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk melaksanakan dan mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing untuk meningkatkan kualitas keluarga dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas melalui:

  1. Penyediaan data keluarga dan dokumen kependudukan;
  2. Perubahan perilaku keluarga;
  3. Peningkatan cakupan layanan dan rujukan pada keluarga; dan
  4. Penataan lingkungan keluarga.

Keberadaan Kampung Keluarga Berkualitas merupakan salah satu upaya yang ditempuh untuk mempercepat penurunan stunting. Dalam kerangka Program Bangga Kencana, upaya percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan di Kampung Keluarga Berkualitas adalah melalui program Kelompok Ketahanan Keluaraga (BKB, BKR, PIK R), Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (PEK) dengan membentuk kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Ekonomi Keluarga Akseptor (UPPKA) dan melalui program Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT).

Pada Sambutan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs. Maryadi Asmui, MM mengatakan,  pembentukan kampung keluarga berkualitas merupakan tindak lanjut arahan bapak presiden republik indonesia agar manfaat program pembangunan dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil. bapak presiden juga telah memberikan arahan agar pelaksanaan program pembangunan lebih fokus kepada masyarakat kurang mampu dan masyarakat tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan seperti lokasi khusus penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem.

Selanjutnya Staf Ahli menjelaskan, dengan adanya kampung keluarga berkualitas, bukan hanya BKKBN dan OPD KB saja yang terlibat dalam penyelenggaraan kampung keluargaberkualitas ini, namun semua OPD dan lintas sector lainnya. Kampung keluarga berkualitas ini harus diselenggarakan bersama-sama secara sinergis dan terpadu oleh para lintas sector dan organisasi masyarakat dan para Lembaga swadaya masyarakat, didukung oleh para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakatdan lainnya.

“Oleh karena itu saya meminta kepada saudara-saudara untuk segera mengambil peran sesuai tugas fungsi dan peran masing-masing dalam pelaksanaan Kampung Keluarga berkualitas ini, mari kita semua Bersatu membangun Ketapang melalui tekad semangat dan upaya nyata yang dilakukan melalui kampung keluarga berkualitas”, tegasnya.


Dalam rangka memeriahkan Pencanangan Kampung keluarga Berkualitas juga diselenggarakan Pelayanan KB, Bazar UPPKA Kampung KB yang sudah terbentuk tahun sebelumnya yaitu Kampung KB Desa Sungai Kinjil, UPPKA PKK Kecamatan Benua Kayong selain itu juga didukung dengan adanya Pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ketapang serta POSKO Stunting dari Sekretariat TPPS Kabupaten Ketapang.

2022 - 2024 ©DSP3AKB KABUPATEN KETAPANG